Membuat perencanaan instalasi lampu rumah sangat penting agar dapat menghasilkan penerangan yang maksimal. Ada baiknya perencanaan lampu dipersiapkan sebelum proses pembangunan berlangsung, sehingga jalur instalasi lampu dapat disesuaikan dengan jalur instalasi listrik utama. Berikut ini ada beberapa tips mempersiapkan perencanaan instalasi lampu rumah.

Persiapkan Gambar Denah Ruang

Perencanaan Instalasi Lampu Rumah

Source: Pinterest

Perencanaan tata letak lampu akan menjadi lebih mudah jika dilakukan per ruangan. Siapkan denah ruang lengkap dengan tata letek furniture, jendela, pintu ruang dan sebagainya. Pastikan juga ukuran sisi ruang, serta panjang dan lebar furniture juga menyerupai aslinya dengan skala tertentu.

Tentukan Fungsi Utama Ruang Tersebut

Hal ini bertujuan untuk mengatur seperti apa ambient pencahayaan yang ingin diterapkan pada ruang tersebut. Terkadang satu ruang juga digunakan untuk fungsi berbeda setiap harinya, misalnya kamar tidur sekaligus digunakan untuk ruang kerja, atau membaca.

Tentukan Area pencahayaan Yang Ingin di Highlight

Hal ini bertujuan untuk memberikan pencahayaan khusus pada beberapa sisi ruang, guna meningkatkan fungsi dekorasi ruang itu sendiri. Misalnya, penggunaan lampu downlight untuk menerangi sudut ruangan yang dihiasi tanaman.

Pertimbangkan Siapa Yang Akan Menggunakan Ruang

Setiap orang memiliki selera dan kebutuhan pencahayaan yang berbeda. Untuk menyesuaikannya, tentukan dahulu siapa pengguna ruang tersebut, apakah anak, orang tua, atau keluarga.

Gambarlah zona pencahayaan dan perlengkapannya

Perencanaan Instalasi Lampu Rumah

source: pinterest

Sekarang setelah Anda menyiapkan denah, Anda dapat memilih lokasi untuk setiap sumber cahaya. Gambarlah ‘lingkaran terang’ di area yang ingin Anda terangi, hindari terlalu banyak tumpang tindih dan zona gelap. Ikon diagram berikut juga membantu Anda memilih dan mengatur jenis perlengkapan yang ingin Anda gunakan

Pertimbangkan Penempatan Sakelar

Tandai sakelar lampu di lokasi yang nyaman pada denah Anda dan jangan lupa untuk memasangkannya dengan perlengkapan yang sesuai. Untuk memvariasikan kecerahan pencahayaan Anda, pertimbangkan untuk menggunakan dimmer switch.

Setelah perencanaan dan gambar zona lampu pada denah ruang selesai, Anda bisa ajukan kepada tukang bangunan, design interior, arsitek, atau orang yang bertanggung jawab atas pengerjaan bangunan rumah Anda.

Baca Juga: Pemerintah Tingkatkan Daya Saing Industri Lampu LED Dalam Negeri 

 

Join Group

WA Group
Telegram Group

 

lampu led rumah

smi mobile appication

©2024 GL LED by  Sinarmonas Industries

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending
Chat Kami Sekarang
0
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop

    Log in with your credentials

    Forgot your details?